Rabu, 04 April 2012

BAB 5


·  Langkah pertama dalam menggunakan Microsoft PowerPoint adalah mengaktifkannya.
·  Langkah-langkahnya yaitu:
  -Klik tombol Start.
  -Pilih All Programs, kemudian pilih Microsoft Office.
 -Pilih Microsoft Office PowerPoint.
-Microsoft PowerPoint akan ditampilkan dan siap digunakan.
·    Tittle bar: merupakan judul dari dokumen yang sedang dikerjakan.
·  Menu bar: daftar menu yang masing-masing terdiri dari beberapa perintah.
·  Standard menu: ikon dan menu untuk menangani file, menyisipkan objek gambar atau grafik.
·    Formatting menu: ikon dan menu yang berhubungan dengan pengaturan huruf dan tulisan.
·  Slide sorter view: menampilkan keseluruhan slide di layar kerja dalam bentuk ukuran kecil.
·  Slide show: menampilkan tayangan sebuah slide.
·    Drawing menu: ikon dan menu yang terdiri dari item yang berhubungan dengan pembuatan ataupun pengaturan gambar.
·   Microsoft powerPoint 2003 : program aplikasi yang akan membantu penyusunan sebuah presentasi yang efektif, menarik, dan profesional.
·    Langkah-langkah mengaktifkan Microsoft powerpoint :
 1.      Klik tombol start
2.      Pilih All Programs, kemudian pilih Microsoft office
3.      Pilih Microsoft office powerpoint
4.      Jendela Microsoft powerpoint akan ditampilkan dan siap digunakan
·  Langkah-langkah menyimpan hasil kerja :
 1.      Setelah selesai mengoperasikan Microsoft powerpoint, pilih menu file
 2.      Pillih save sehingga muncul kotak dialog save as
 3.      Tentukan tepat (folder) yang akan digunakan untuk menyimpan file tersebut pada opsi save in, misalnya pada my documents
 4.      Ketikkan nama file pada file name, misalnya presention2, kemudian klik save
·    Langkah-langkah menutup Microsoft powerpoint :
 1.      Simpan hasil kerja
 2.      Pilih menu file, kemudian pilih exit
·  Membuat slide presentasi :
 1.      Membuat file baru
 2.      Memasukkan teks dan word art
 3.      Menambahkan background dan desige template
 4.      Menambahkan animasi dan efek suara
 5.      Menyisipkan gambar, clip art, dan autoshapes
 6.      Mengatur transisi antarslide
 7.      Menambahkan tombol aksi
 8.      Menampilkan presentasi
·    Langkah-langkah membuat file baru :
 1.      Klik menu file – new
 2.      Klik new pada toolbar standard
 3. Tekan CTRL+N pada keyboard
·   Langkah-langkah memasukan word art
Klik menu insert
Klik picture
Klik word art
Pilih salah satu jenis word art, kemudian ketik teks yang ingin ditampilkan
Klik ok
- Langkah-langkah menambahkan background :
Aktifkan menu format
Pilih background, kemudian pilih fill effect
Pilih tab texture, kemudian pilih salah satu jenis texture lalu tekan ok
- Langkah-langkah menambahkan design template :
Klik menu format
Klik slide design
Pilih design template, kemudian pilih design yang diinginkan
- Langkah-langkah menambahkan animasi dan efek suara :
Aktifkan menu slide show
Pilih costum animation
Klik teks yang akakn dibuatkan animasinya
Pilih bentuk animasi dan efek suara yang diingkan
- Langkah-langkah mengatur trasisi antarslide :
Aktifkan menu slide show
Klik slide trasision
Setelah muncul jendela slide trasision, isi aturan/perintah apa yang diinginkan
- Menampilkann presentasi : caranya dengan memilih menu slide show, kemudian pilih view show atau menekan tombol F5 pada keyboard.

BAB 4

1.      Offline browsing adalah sebuah cara untuk menghemat penggunaa waktu offline.
2.      Fungsi offline browsing adalah dapat menyimpan sebuah dokumen web (lengkap dengan link dan isinya ) ketika sedang online.
3.      Open : untuk membuka halaman yang ditunjuk oleh link.
4.      Open in New Windows : untuk membuka halaman yang ditunjuk oleh link pada jendela baru.
5.      Save target as : untuk menyimpan file yang ditunjuk oleh link.
6.      Print Target : untuk mencetak halaman web yang di tunjuk oleh link.
7.       Copy shortcut : untuk mengkopi alamat URL dari link yang dimaksud.
8.       Sebutkan apa aja yang dapat memperlancar browsing :
1.      Hindari jam sibuk
2.      Tambahkam cache browser
3.      Tidak menampilkan animasi dan multimedia
4.      Hentikan proses download
5.      Membuka jendela baru
6.      Gunakan tombol klik kanan mouse
7.      Menyimpan situs favorit
8.      Offline browsing
9.      Langkah-langkah untuk menambahkan cache browser :
1.      Pilih menu tools pada internet explorer
2.      Pilih internet options
3.      Pilih tab general. Pada kotak dialog options
4.      Pada bagian temporary internet files, klik setting
5.      Di bawah amount of disk space to use, geser tombol ke arah kanan
6.      Tekan ok untuk mengakhiri
10.  Langkah-langkah menonaktifkan animasi :
1.      Pilih menu tools pada internet explorer
2.      Pilih internet options
3.      Pilih tab advanced
4.      Geser layar ke bawah sehingga sampai di bagian multimedia
5.      Hapus tanda cek pada opsi play animations in web pages dengan mengklik kotaknya, lalu klik ok.
11.   Membuka jendela baru : tekan Ctrl+N atau file – new – windows
12.  Save background as : untuk menyimpan file gambar ke harrdisk
13.  Langkah-langkah menyimpan situs favorit :
1.      Dalam keadaan halaman web terbuka, klik menu favorites
2.      Pilih add to farorites sehingga muncul jendela pop-up
3.      Boleh mengubah nama web pada jendela pop-up, kemudian tekan enter atau klik ok untuk menyimpannya
14.   Langkah-langkah menyimpan halaman web :
1.      Munculkan sebuah halaman web
2.      Klik menu file, kemudian save as
3.      Setelah muncul kotak dialog save web page, tuliskan nama file, kemudian tempatkan pada folder yang dikehendaki
4.      Tekan tombol save
15.  Search engine : mencari data atau informasi memerlukan bantuan perangkat lunak
16.  Apa gunanya e-mail : untuk mengirimkan pesan, surat atau gambar dalam bentuk digital kepada orang lain yang juga memiliki alamat e-mail pribadi.
17.  Login ke alamat e-mail pribadi :
1.      Bukalah situs http://www.yahoo.co.id
2.      Klik pada pilihan mail
3.      Masukan ID yahoo dan sandi
18.  Membuka e-mail yang masuk :
1.      Login terlebih dahulu ke alamat e-mail
2.      Klik pada plilihan kotak masuk, maka daftar e-mail masuk akan ditampilkan
3.      Pilih salah satu email masuk untuk dibaca
4.      E-mail masuk yang di klik akan ditampilkan
19.  Menulis dan mengirim e-mail :
1.      Login terlebih dahulu ke alamat e-mail
2.      Klik pada piihan tulis
3.      Tuliskan alamat e-mail yang dituju, kemudian tuliskan pesannya
4.      Jika sudah selesai, tekan kirim
20.  E-mai : sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet.